3.11.11

Pembuatan Wayang Kulit - Jual Wayang Kulit

Pembuatan Wayang Kulit

Proses natah/pahat wayang kulit tokoh Brahala

Jual Wayang kulit yang dibuat dari bahan kulit kerbau atau sapi yang sudah diproses menjadi kulit lembaran, perbuah wayang membutuhkan sekitar ukuran 50 x 30 cm kulit lembaran yang kemudian dipahat dengan peralatan yang digunakan adalah besi berujung runcing berbahan dari baja yang berkualitas baik.
Besi baja untuk pembuatan Wayang Kulit yang kami jual ini dibuat terlebih dahulu dalam berbagai bentuk dan ukuran, ada yang runcing, pipih, kecil, besar dan bentuk lainnya yang masing-masing mempunyai fungsinya berbeda-beda. Namun pada dasarnya, untuk menata atau membuat berbagai bentuk lubang ukiran wayang kulit yang kami jual yang sengaja dibuat hingga berlubang membutuhkan ketelitian dan seni yang menjiwa dalam proses ukir wayang kulit. Proses ini disebut sungging wayang kulit.

Selanjutnya dilakukan pemasangan bagian-bagian tubuh wayang kulit seperti tangan, pada tangan ada dua sambungan, lengan bagian atas dan siku, cara menyambungnya dengan sekrup kecil yang terbuat dari tanduk kerbau atau sapi. Tangkai yang fungsinya untuk menggerakkan wayang kulit disebut gapit, terbuat dari tanduk kerbau warna putih(albino) atau hitam(lokal). Sedang bagian lengan juga terbuat dari bahan yang sama dengan tangkai/gapit.

Sedang tubuh wayang kulit terbuat dari kulit kerbau atau sapi warna keemasannya umumnya dengan menggunakan prada yaitu kertas warna emas yang ditempel atau bisa juga dengan grenjeng, dicat dengan bubuk yang dicairkan. Wayang Kulit yang menggunakan prada mas, hasilnya jauh lebih baik, warnanya bisa tahan lebih lama dibandingkan dengan yang grenjeng, namun harga jual wayang kulit dengan warna prada mas lebih mahal daripada wayang kulit dengan warna grenjeng.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar