15.3.12

Pembuat Wayang Suluh / Wayang Republik dari Kulit Kerbau

Wayang Kulit Suluh buatan SURYO Art.
Presiden Soekarno Wayang Kulit Suluh
Proses pembuatan Wayang Kulit Suluh ini seperti membuat Wayang Kulit Jawa pada umumnya. Terbuat dari bahan dasar kulit kerbau dan tangkainya dari tanduk kerbau. Bentuk dimensinya mirip dengan orang dalam kehidupan sehari-hari, baik postur tubuh maupun pakaianya.
Sokarno-Hatta Wayang Kulit Suluh
Wayang ini pertama kali diperkenalkan pada masa perjuangan kemerdekaan antara tahun 1945 - 1949. Wayang suluh berarti wayang penerangan, kata suluh dalam bahasa jawa artinya obor, dalam makna lain berarti alat penerangan di tempat yang gelap. Wayang suluh terbuat dari kulit kerbau dan dibuat pertama kali pada tahun 1947 oleh Departemaen Penerangan Republik Indonesia. Wayang suluh dipergunakan untuk penyuluhan yang bersifat propaganda politik perjuangan agar membakar semangat bangsa Indonesia pada waktu itu dalam berjuang guna mempertahankan kemerdekaan Republik Indonesia. Oleh karenanya sebagian orang menyebutnya wayang republik. 
Tokoh2 Proklamasi Wayang Kulit Suluh / Wayang Republik
Wayang suluh dibuat berdasarkan tokoh-tokoh perjuangan seperti Ir Soekarno, Bung Hatta, Jenderal Soedirman, tokoh proklamasi, serta tokoh dari penjajah jepang dan belanda. Kami sebagai pengrajin wayang kulit asli budaya indonesia mencoba untuk terus berusaha melestarikan warisan budaya bangsa yang satu ini. Kami juga melayani pemesanan pembuatan wayang kulit suluh lainya, atau sesuai dengan contoh gambar karakter tokoh dari anda. Contact: 08122645521

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar